Makan-makan

Jumat, 29 Oktober 2010

| | |
Sebenernya posting ini terinspirasi karena seringnya aku jajan makan
Ibuku jarang masak soalnya. Aku sih seneng-seneng aja, bisa nyobain macem-macem. Hari ini disana, ntar disitu, besog dimana lagi. Senengnya kalo pas makan di tempat yang enak banget, tapi ada juga yang nyampe bikin aku gak mau kesana lagi. Seringnya sih habis makan, aku kasih nilai A, B, ato C gitu.

Hum, setelah aku analisa (cie..), ada beberapa hal-hal yang bisa bikin suatu tempat makan pantes dapet nilai A dan recomended buat dikunjungi lagi. Ini menurutku loh:

1. Makanannya enak
Ini penting banget kan. Kita makan selain biar kenyang, juga harus ada sensasinya. Gak seru dong kenyang tapi hambar. Jadi, ini poin paling penting yang harus ada. Kalau dah dapet enaknya, pasti susah buat aku gak kembali lagi makan di tempat itu. Walopun rame atopun jauh, kalo dah terlanjur suka yah disamperin juga.

2. Variasi menu dan UNIK

Ini bagian lain sebenernya. Bisa dibilang penting bisa juga enggak. Menurutku, yah biar kita gak bosen aja. Contoh sederhananya, nasi goreng gak cuman yang biasa, tapi ada juga bakso,ayam, babat, sapi, sosis, seafood, pete, teri, udang, telur, sarden, macem-macem lah.
Kalo soal unik, itu penting. Kenapa suatu tempat bisa lebih rame daripada tempat lain dengan menu yang sama. Pasti ada sesuatu yang bebeda kan. Sama kayak kenapa monopoli bisa berkuasa? Karena mereka punya keunikan. Unik itu bisa macem-macem. Unik namanya, rasanya, penyajiannya, harganya, tempatnya, macem-macem lah. Biasanya sesuatu yang berbeda malah bikin orang penasaran, termasuk aku juga.

3. Servisnya memuaskan

Servis ini mencakup mulai dari kita dateng nyampe kita pulang.

a. Mulai dari kedatangan
Misal, kita dateng dicariin tempat, ato disediaiin kursi tunggu. Terus disodorin menu. Kalo orang yang nyambut ramah, mood kita waktu makan kan jadi baik. Gak kesel walaupun nunggu.

b. Waktu penyajian makanan
Pasti kita pengennya makanan bisa keluar cepet gitu kan. Tapi, kalau kita pesen makanan yang emang sekiranya butuh waktu, apalagi tempatnya rame, kita harus sabar. Aku sih gak liat dari waktunya, tapi liat dari orang kerjanya. Keliatan kok antara pekerja yang cekatan sama enggak. Kalo makanan emang belum keluar juga, tapi aku liat pekerjanya cekatan, it's ok. Yang dimaksud cekatan disini kerjanya cepet, habis dipake langsung dibersihin, dateng langsung dilayani, dll.
Waktu nglayaninnya juga urut. Contohnya kita dateng duluan, pesen duluan. Terus ada orang lain yang datengnya telat tapi dilayanin duluan. Yah...biarpun katanya kita harus sabar, tapi kalo ada kejadian kayak gitu, kesel juga kan. Jadinya penjualnya tuh harus tahu urutannya. Beberapa pengalaman sih, ada yang nota pesenannya dikasih no.urut, terus ada yang waktu dateng dikasih urutan, ada juga yang dicatetin. Kalo gitu, setidaknya kan kita puas, dan lebih menghindarkan dari salah order.

c. Waktu kita pulang
Setelah kita selesai makan, tetep dilayani dengan baik, kayak parkir misalnya. Lebih syukur lagi kalo gratis, he... Tapi yang penting ramah, gak liat kita beli banyak ato sedikit.

4. Tempat dan suasananya enak

Enak disini bisa berarti strategis atau juga sesuai sama selera dan mood kita waktu itu. Kalo lagi pengen sendiri tapi dapet tempat rame yang isinya orang cekikan, ato pas patah hati tapi makan di tempat orang yang isinya pacaran semua kan jadinya malah tambah bikin sakit hati. Yang ini tergantung dari kita sendiri karena relatif. Bisa juga kita lihat dari penerangannya, pengaturan duduknya, longgar gak? Well, kita makan juga butuh kenyamanan.

5. Murah

Yang ini pas banget, apalagi buat pelajar. Dah kantong tipis, belum dipake sana-sini, makan 3x pula. Tapi. menurutku seringnya, ini berbanding lurus. Mau dapet servis kelas 1 ya harganya kelas 1 juga. Kalo cuman sekedar kenyang ya harganya sekedarnya juga. Itu pilihan. Kalo kebetulan bisa dapet tempat makan enak plus murah, itu bonus. Biasanya sih ini banyak di deket kampus.

Hehe, kalo ada tempat makan yang bisa mencakup semua pasti perfect banget. Tapi, pasti suatu tempat ada kelebihan dan kekurangan. Sekali lagi, It's our choice. :)

0 komentar:

Posting Komentar