Rabu, 30 November 2011

| | | 0 komentar
I miss...
days we were in the same class,
when the thing separated us just three tiles
days we were in the same school,
when we came too early just for having breakfast together
days we were in the same city,
when we could have tandem or hang out in Linds and Buket
days we were wet because of rain,
our hang out that never ordinary,
and days we could meet easily

"Sometimes, Long distance makes two hearts closer"-Aichiro Suryo 25.10

LIburan UAN

Jumat, 18 November 2011

| | | 0 komentar
Well, yah...posting ini amat sangat telat,
file ilang, bikin lagi gak ke save, dan ketumpukan acara baru lain,
tapi ini sayang banget kalo gak diposting, he....

Liburan UAN tu liburan terlama yang pernah aku dapet. Minimal adalah 3 bulan. Pertama kalinya ngrasain libur yang sampe bener2 bingung dan galau. Antara belom dapet kuliah dan pengen refreshing.
He...

Sebenernya liburan ini lebih banyak aku isi sama jalan-jalan, yey :D
dan itu ke beberapa tempat. Pertama ke Jatim, terus ke Solo, terus ke Baturaden-Cilacap, terus ke Pare-Kediri. Yay...

Jadi postingannya juga mending aku pisah aja kali ya, soalnya panjang masing-masing,
cekidot

US

| | | 0 komentar
The one thing I know about us is that
I can't hold my end of lip not to lift,
every time i read and re-read your message in my mobile
I miss us
:'


On The Night Like This-Mocca

Jumat, 07 Oktober 2011

| | | 0 komentar

On the night like this,
There so many things I wanna tell you
On the night like this,
There so many things I wanna show you
Cause when you're around
I can feel safe and warm
Cause when you're around
I can fall in love everyday
In the case like this
There are thousand good reasons
I want you to stay

(On The Night Like This-Mocca)

Social Act

Rabu, 05 Oktober 2011

| | | 0 komentar
I have just back from my Social Act at Cijeruk, Bogor after stayed there for 4 days, from September,29 until October, 2 2011. Well, it is not a far different with "live in" when i was tenth grade of SMA, but I think, I learnt and got much more thing from this event. I won't tell the detail of what I'd done there in this posting. I just wanna share about what I've gotten.

Di hari pertama, saat maba putra melakukan shalat Jumat, maba putri diperbolehkan pulang ke homestay masing-masing. Lapar, begitu sampai rumah homestay aku langsung masak mie, untukku dan juga lainnya. Karena masaknya agak lama, aku dan Debora sambil ngobrol dengan Bu Marni, orang tuaku disini. Sementara lainnya di ruang tamu depan atau entah kemana.

Obrolan sekitar 15 menit ini biasa sebenarnya. Cerita keluarga, pekerjaan sehari-hari, bagaimana warga di sini, di mana sekolah, di mana pasar, di mana puskesmas, dan lainnya. Pertanyaan-pertanyaan yang wajar bagi kita yang biasa hidup di kota dengan segala kemudahan akses. Tetapi, jawaban Bu Marni benar-benar membuat prihatin.


"Ibu buruh tani, Bapak juga. Tapi beda tempat"
"Oh, kalau buruh gitu tanahnya bukan punya sendiri ya Bu?"

"Punya orang. Ibu mah gak punya apa-apa"

"Terus Bu, kalau kerja biasanya dari jam berapa sampai jam berapa?

"Ibu si biasanya dari jam 8 sampai jam 4 sore. Kalau bapak bisa sampai malem"

"Maaf bu, kalau boleh tau kerja sehari dapat berapa Bu?"

"Alhamdulillah, Ibu 8000 biasanya, kalau Bapak 20000"


"Oh, sekolah jauh, Neng. Yang sekolah biasanya yang punya motor. Ini anak-anak pada ngaji aja di pesantren Haji X"

Kebetulan Bu Umar punya Cucu, Yus.
"Itu Yus sekolah juga kan Bu? Gimana berangkatnya?"
"Itu pagi-pagi jam 5 berangkat, jalan. Tapi sampai SD aja, nanti juga SMP gak lanjut"

"Loh kenapa, Bu?"

"SMP mahal, Neng. Masuk aja bayar 250.000"

"Bukannya gratis Bu? SMP Negeri udah gratis Bu, ini dari pemerintah"

"Ndak tahu ibu. Kata orang bayar aja gitu."



"Kalau sakit, periksa di mana Bu?"
"Di Bidan biasanya, tapi ini bidannya lagi kuliah jadi tutup. Ibu aja kemarin jatuh ini belum periksa" Dan ibunya ngliatin kepalanya, benjol di bagian belakang, agak biru ungu.
"Enggak diperiksain aja Bu?"
"Enggak, Ibu mah tidur aja kalo pusing. Ini seminggu juga udah enggak kerja"

"Kalau puskesmas atau dokter, Bu?"

"Jauh, naik ojek dulu lanjut angkot. Bolak-balik aja kalo dua orang udah habis neng uangnya"

"Memang, periksa di bidan bayar berapa Bu?"
"5000 udah sama obat, neng."

Aku jadi ingat,
"Alhamdulillah, Ibu 8000 biasanya, kalau Bapak 20000"
"Gue dijatah sehari makan 30000. Sedih deh"


Masih banyak yang di bawah dan berkata "Alhamdulillah". Kalau aku yang ngomong kalimat kedua, aku malu denger ibunya ngomong kayak gitu. Mereka tiap hari berhadapan dengan keterbatasan, yang bukan karena dibatasi, tapi karena memang tak bisa lebih. Kita sempat ngobrol soal keinginan yang belum diwujudkan, dan Bu Marni terdiam dulu sebelum akhirnya menjawab memperbaiki rumah. Mereka yang terbiasa dalam keterbatasan, sepertinya terbiasa pula membatasi keinginan mereka bahkan melupakannya. Tetapi kita yang cukup, bukannya merasa puas, justru semakin dibayangi tambahan keinginan. Dari sini, aku belajar: pertama, soal rasa syukur; kedua, kunci kecukupan adalah penerimaan oleh diri kita sendiri.

Waktu aku sharing sama temenku yang lain, ternyata ada dari mereka yang punya cerita lebih memprihatinkan. Ceritanya, di rumah homestay temenku ada anak kecil, nah anak ini sakit. Dibawalah berobat ke bidan dan dikasih obat dalam plastik. Beberapa hari kemudian badan anak ini biru-biru. Sepertinya karena kebocoran pada plastik pembungkus obat.Ini masalah kesehatan. Ini Bogor, dan seperti ini. Kota kecil? Luar jawa? Pulau-pulau? Perbatasan? Masih seperti ini, Indonesia kita.
Saat kak Irvan orasi, "Apa yang bisa kalian lakukan untuk negeri ini?"

Rasanya seperti ada tuntutan dari masyarakat. Beban pertanggungjawaban.
Kita mahasiswa, dan berkesempatan lebih dari mereka. Lalu apa gunanya kalau hanya jadi menara? Tujuan utama belajar adalah pengabdian, dan itu yang masyarakat harapkan dari kita.
Ayo berbagi dan berkontribusi dari sekarang. Mulai peduli dengan sekitar.
Ada kata-kata Bu Umar yang benar-benar dalem,

"Neng, kalau nggak tugas nggak ke sini ya?"


Selama ini, mungkin begitu image masyarakat desa tentang kita yang dari kota. Para pemimpin hanya datang saat pemilu dan tak peduli lagi. Apapun kita nanti, jangan semakin memperlebar gap itu. Mereka rakyat, kita rakyat.


Best Friend

Minggu, 25 September 2011

| | | 1 komentar
"A friend in need is a friend indeed"
Warna Teks
Aaaa, kangen sama Bazilah Dayana, Riska Sania Nurul Afifah, Isanawidya Hikmah Paramitha (Mbak Cha), Putri Fakhyatul Ulya (Fuu), Avie Avievah Baroroh (mbah), Firsty Ilminovia, Ramadhani Ulfita Izantari Nampira, Nony Insani Utami (tante), Nuzulia Fajriningrum (mamah), Desy Widyastuti, Rizka, Nurul Jasmin (Nunggil), Lulu Apriyanti, Rahmawati Siti Ramdayani (bocul), Sarsa Surya Rizkita, Putri Rahisya

Kangen hunting di johar, fitting baju, bakul, ngejar damri, kuliner, menggalau di pojok paragon sama Bazilah Dayana
Kangen beli jajan, curcol, geje di kelas sama
Riska Sania Nurul Afifah
Kangen ke perpus, lari, cenglu sama Isanawidya Hikmah Paramitha (Mbak Cha)
Kangen suara toanya
Putri Fakhyatul Ulya (Fuu)
Kangen
tidurnya Avie Avievah Baroroh (mbah)
Kangen
Firsty Ilminovia, murid telatan
Kangen rajinnya
Ramadhani Ulfita Izantari Nampira
Kangen hebohnya
Nony Insani Utami (tante)
Kangen
Nuzulia Fajriningrum (mamah) yang baik hati
Kangen Desy Widyastuti, otak pramuka dan bitingnya
Kangen
Rizka yang perhatian
Kangen
Nurul Jasmin (Nunggil), Lulu Apriyanti
Kangen Rahmawati Siti Ramdayani (bocul) bff dari SD, temen paling konyol
Kangen ngucing, curhat, di mbc bareng Sarsa Surya Rizkita, Putri Rahisya

Kangen makan bekal bareng, kangen nyampur abis olahraga, kangen liat ligasha, kangen classmeet, kangen kumpul pulang sekolah, kangen tidur di sanggar, kangen unyu-unyuan, kangen belajar di mbc, kangen basketan, kangen cabut, kangen jualan, kangen ngantin, kangen dolan bareng, kangen ngrumpi, kangen nonton film di kelas, kangen ligasha, kangen kemah, kangen gowes, kangen semua.

Miss you guys :*

First Love- Nikka Costa

| | | 0 komentar

Amazing song, :)
One of my fav song, I don't remember when I heard it at first time, but idola cilik, remind me about this unyu song :)

Everyone can see
There's a change in me
They all say I'm not the same
Kid I use to be


Don't go out and play
I just dream all day
They don't know what's wrong with me
And I'm too shy to say


It's my first love
What I'm dreaming on
When I go to bed
When I lay my head upon my pillow
Don't know what to do


My first love
He thinks that I'm too young
He doesn't even know
Wish that I could tell him what I'm feeling
'cause I'm feeling my first love


Mirror on the wall
Does he care at all
Does he ever notice me
Does he ever found


Tell me teddy bear
My love is so unfair
Will I ever found away
An answer to my pray
For my first love...


My Self Outlook 2012

| | | 0 komentar

October, November, December,.... 2012!

it STILL 3 months before 2012, or...
3 months LEFT before 2012 ???

In early 2011, each of us might be has own resolution. Me too; plans, promises, ways, and many others. But time and others made me forgetting it.

Frankly, my resolution this year is not successful enough.

It's not about matter or achievement, it just about I am.
My biggest problem is my self, and this year-until this month, I haven't succed overcome it.
It's a bit rather uncontrol. I-CAN'T-CONTROL-MY-SELF and I-CAN'T-CHANGE.

Well, since SMP I always manage my life by self. I don't care about what people said, even my parents. I heard them, but the biggest control is in me. I did what I want, if I had a passion. I rented many comics and novels even my parents forbad me, and again, even my novels were torn. I saved my money my self, to buy a glasses secretly, so my parents didn't know that there's somethin wrong with my eyes. I could just eat oatmeal a day when I really want to be slim. I could not sleep when I had a big ambition to be the first. I could sell Rp 2.000.000 oriflame in 2 weeks so I got a bag for my mom's gift.
If I want, if I want, if I want. -.-

This is my BIG problem. I don't have any ambition or decision now. This year is just like, yah, just like it, no direction.

I am a new college student now and I have to get up again.

So, I'll make an outlook of my self, preparation of my resolution. I'll prepare from now.
Because start in the early year is late and I don't want to be failed anymore.
Before 2012, my spirit must be back
and in 2012, I have to reach at least one of my 100 dreams.!!!

Pelangi

Kamis, 22 September 2011

| | | 0 komentar
Pelangi-pelangi alangkah indahmu
Merah kuning hijau di langit yang biru.....

Lagu berulang yang terlalu kuhapal. Tentang warna, langit, dan kehidupan. Kadang, kupikir, tak pantas aku menyanyikan dan memperdengarkannya pada banyak orang. Siapa yang akan percaya? Jika aku sendiri tak pernah sepenuhnya tahu....

Lagu ini, Pelangi. Tujuh warna bersatu dan berkolaborasi. Kemunculan cantik yang dikagumi banyak orang. Keberadaan yang sempurna dan penciptaan yang luar biasa.

Namaku juga pelangi. Ayah-ayahku adalah warna dan ibuku pusat kolaborasinya. Tapi, keberadaanku adalah kesalahan. Salah, karena seharusnya manusia memang bukan pelangi, yang tersusun dari beberapa. Salah, karena seharusnya, aku ini anak satu warna. Tapi, yang mana?

Aku tahu tentang mejikuhibiniu. Tujuh warna yang bisa kupilih, jika aku tahu. Tapi, bagiku hanya ada putih saat terang dan hitam saat gelap. Aku buta, dalam arti sebenarnya. Tak ada putih dan hitam diantara warna pelangi itu. Tak ada yang bisa kupilih, tak ada yang menarikku, dan tak ada yang mengakuiku. Jadi, aku pergi, melupakan soal warna dan kolaborasi.

Lalu beginilah terus aku bernyanyi. Berpindah dan bercerita lewat lagu ini. Tanpa rasa. Karena ini, tentang pelangi yang mati.

Tugas MPKT Bahasa Indonesia
#Maaf untuk tulisan yang rada pipipip artinya :P

An adult

Selasa, 20 September 2011

| | | 0 komentar
Hari ini, aku beli buku di stasiun UI. Nah, aku istirahat di deket dua anak kecil, umur SD kali ya.

"Eh, ini diary aku. Diary kamu mana?"
"Ini. Udah aku bawa juga. Jadi nih tukeran?"
"Jadi. Ini"

Jadi lucu sendiri lihat kayak gitu. Jaman kapan.....
Dulu aku masih SD deh.
Dipikir sekarang, ngapain juga tukeran diary. Kayak gak ada kerjaan sampe kita perlu baca cerita harian dan curhatan temen kita. Ngapain juga, nulis diary tiap hari buat dilihatin ke temen kita.

Tapi, aku lihat lagi dua anak itu. Ketawa cekikikan, dan lagi, setelah membalik berapa halaman kemudian.

Mereka senang dengan kegiatan itu.
Sesederhana itu, kesenangan.

Aku jadi mikir, sepertinya,
Pendapat semakin tua semakin banyak masalah itu....BENAR.
Tapi, lebih karena cara berpikir orang itu sendiri.

Semakin besar, semakin tahu banyak hal, semakin banyak yang kita pikirkan
Semakin besar, semakin banyak kegiatan, semakin membuat kita perhitungan
Semakin besar, semakin sulit pelajaran, membuat kita lebih serius menyikapi keadaan
Semakin besar, pikiran kita lebih terkotak, lebih sempit memandang suatu masalah
Semua jadi masuk pikiran dan diperhitungkan
Keuntungan dan kerugiannya

Setidaknya, apa yang kulihat dan kuperhatikan pada beberapa orang.

Ada hal-hal pengatur keseimbangan yang dilupakan. Sesuatu yang mutlak harus ada.
Yang tak harus dipikir secara rumit, menyederhanakan segala masalah, dan membuka sudut pandang lain.

Pasti pernah tau kuis, "Gimana cara masukin jerapah ke kulkas?'
Orang dewasa akan pusing, "Itu tak mungkin."
Anak TK bisa jawab mudah "Buka kulkas, masukin jerapah, tutup lagi."
dan jawaban anak TK itu benar.

Orang dewasa menutup sendiri kemungkinan itu. Banyak pertimbangan, tapi akhirnya? TAK MUNGKIN.

Ada hal yang harus dipertahankan dari jadi anak kecil ini; kesederhanaan dan keterbukaan.
Kalau punya ini, tak peduli jadi pekerja, ibu rumah tangga, pengusaha, atau lainnya, kita pasti bisa jadi lebih sukses dari sebelumnya.

Dan, 100 rupiah kini eksis di Excel(ku)

Senin, 19 September 2011

| | | 0 komentar


Ini adalah salah satu dampak dari ngekos. Buat aku pribadi tepatnya...
Dari SMP sebenarnya uang saku bulanan udah aku urus sendiri. Cukup berhasil lah.
Tapi..., saat kuliah dan ngekos ini, pertama kalinya aku harus atur sendiri: buat makan seharian, keperluan pribadi, minumku yang porsi gede, dan lain-lain urusan kuliah. Ternyata biaya hidup sebulan itu kalo asal pake aja, gede banget :O
Emang belum melebihi budget ortuku, tapi yah.....
Lebih seneng juga kalo lebih hemat lagi kan.

Jadi, bulan September ini, aku berniat untuk memulai berhemat.
Bekal abon dan srundeng...SIAP
Energen dan heater...SIAP
Majicjar dan beras...SIAP
Tinggal beli sayur aja deh

Tapi, ternyata tak semua sesuai rencana awal. Majicjarku baru datang tanggal 18. Dan, sebelum itu,ya...harus beli makan komplit biasa.
Masalah kedua, aku masih suka banget sama roti. Hiks, kenapa gak bisa nahan sih. Ya udahlah. Karena duitku aku kira-kira masih cukup, boleh lah.

Lama kelamaan soal si roti ini jadi tambah boros. Masih ada fotokopian silabus-silabus, dan uang targetku bulan ini hampir abis.
Aaaa, harus hemat, Lita.
Langkah pertama adalah, menDETAILkan catatan pengeluaran harian. Kalo dulu, keluar 700 gitu aku buletin 1000. Sekarang 700 ya 700. Catetan keuanganku yang dulu belakangnya .000 sekarang jadi .100, .400, 200. He... Uang seratus itu ternyata berharga sekali. Apalagi kalo jadi orang ngekos kayak aku ini :3

Totalitas Perjuangan

Sabtu, 17 September 2011

| | | 0 komentar
Ini adalah salah satu lagu yang diajarkan saat OKK. Lagu ini, adalah bukti pengabdian kita sebagai mahasiswa dan biasanya jadi penyemangat saat mahasiswa-mahasiswa turun ke jalan melakukan aksi demo. Mars mahasiswa Indonesia. Kalo dinyanyiin bareng-bareng, Whoaa banget deh.

Totalitas Perjuangan

Kepada Para Mahasiswa
yang merindukan kejayaan
Kepada rakyat yang kebingungan
di persimpangan jalan
Kepada pewaris peradaban
yang telah menggoreskan
sebuah catatan kebanggaan di lembar sejarah manusia
*Wahai kalian yang rindu kemenangan
Wahai kalian yang turun ke jalan
Demi mempersembahkan jiwa dan raga
Untuk negeri tercinta
Back to *


Tips Kuliah

| | | 0 komentar


Yak, karena saya baru saja jadi mahasiswa dan juga teman-teman seangkatan saya,
Mau share nih beberapa tips jadi mahasiswa, Ini menurutku sendiri, hasil wawancara kakak tingkat, plus ambil di #satnitshare anakuidotcom.
Cekidot.

1. Yakinin diri bahwa kamu berada di tempat yang tepat
2. Ikutin rangkaian ospek sampe selesai; dapet temen, kenal kampus, dan punya cerita yang gak ada habisnya
3. Persepsikan jurusan dan mata kuliah yang kamu ambil itu menyenangkan
4. Namanya mahasiswa itu, AKTIF. Susun targetmu sendiri jangka pendek dan jangka panjang
5. Kenali dulu gaya belajar dan waktu yang belajar buatmu. Tapi, memperbaiki gaya catatan itu...sepertinya berlaku buat semua
6. Persiapkan materi sebelum masuk kelas
7. Duduk di depan; keliatan dan jadi dikenal dosen
8. Jangan telat; absen terancam, ketinggalan pelajaran, posisi gak enak
9. Jatah absen jangan dipake sembarangan. Kalo telat, jangan langsung pulang, seenggaknya walau gak dapet absen, dapet ilmunya.
10. Perhatiin dan bener-bener fokus saat di kelas. Kata-kata dosen yang 'gak penting' kadang malah keluar. Nah lo.
11. Kenali dosenmu. Masalah nilai nih, bro.
12. Tanya dan jawab. Biar salah, dosen itu seneng mahasiswanya mau mencoba
13. Mengacungkan tangan pertama kali itu PENTING!. sangat #iniserius
14. Membaca 10%, Mendengar 15%, Diskusi 25%, Seminar 50%
15. Cari temen yang banyak; kehidupan kuliah menyenangkan, dapet partner belajar, network
16. Belajar kelompok sangat dianjurkan
17. Peduli dan ramah dengan lingkungan sekitar kayak satpam dan office boy/girl
18. Hormati dosen, kakak tingkat, staff, dan temen-temen
19. Partisipasi dalam lomba; dapet pengalaman, hadiah, nabung prestasi, dan bekal masa depan
20. Aktif cari informasi beasiswa. Jangan tunggu dikasih tau!
21. SHARE. Orang gak akan bisa sukses kalo sendirian, kasih tau juga temenmu kalo ada info bagus
22. Manfaatin fasilitas kampus seoptimal mungkin. Hotspot tu buat akses jurnal, berita, dsb. Bukan komik, anime, dan twitteran
23. Jangan lupa, ikutan organisasi dan kepanitiaan. Soft skill dan link itu perlu banget!
24. Mau cuma jadi Kupu-kupu (Kuliah pulang kuliah pulang), Kura-kura (Kuliah rapat kuliah rapat), dan Kunang-kunang (Kuliah nangkring kuliah nangkring) itu pilihanmu. But, better to BALANCE it!
25. Sukses itu, 10% kecerdasan dan 90% kerja keras. Jangan ngepir sama sekitarmu.
26. Punya "seseorang" itu lebih bagus :P
27. Don't forget to refresh ur self and do the exercise!
28. Karena kita hidup mandiri, harus udah bisa motivasi diri sendiri dan memilih mana yang baik buat kita. Rugi banget kalo sekedar ikut-ikutan!
Kalo temen bilang "males belajar nih" atau "belum belajar", jangan percaya, itu cuma tipu muslihat.
29. Mahasiswa=agent of change. Gak cuma kuliah aja, KONTRIBUSI adalah yang terpenting. Bangun Indonesia.
30. Udah saatnya kita kritis. Kalo emang salah, LAWAN! Bukan dengan otot, tapi dengan intelektual
31. Don't be a Procastinator! Kalo numpuk, mampus. Dah gak jaman deh SKS.
Lebih baik 2 jam 6 kali seminggu daripada 6 jam 2 kali seminggu.
32. Ah, lupa. Jangan sepelekan asistensi. Justru disitu kita dapet banyak latihan soal, terutama soal tahun lalu.
33. Kalo liburan, isi kegiatan yang positif. Magang di luar SKS seru loooh.
34. Jaga kesehatan, makan teratur, dan istirahat yang cukup.
35. Dan.........jangan pernah lupa untuk IBADAH. Bahkan tingkatkan.

Yah, itu sebagian.Enjoy aja kehidupan kuliah. Bagi yang belum ada bayangan target, gak masalah, lakukan aja yang terbaik. Jalan tahap demi tahap, dan selalu mulai dengan Bismillah.

Kalo yang mau nambahin, bisa tulis di comment, makasih :)

Fenomena pilihan

| | | 0 komentar
Hidup itu membingungkan,
jika ada terlalu banyak pilihan
Hidup itu menjadi sulit
jika kita terlalu takut akan salah
Tapi,
Apa yang sebenarnya membuat salah adalah
bersikap seolah tak ada pilihan
dan menambahkan daftar pilihan ilegal

Into The New World

Jumat, 16 September 2011

| | | 0 komentar


Come, the chance has come
dreams, passion, and determination
the best place and the best time
It is NOW
Are you ready?
no answer no
face it and see what will you be,
a big thing or nothing
It's your choice

Definitely us, isn't it?

| | | 0 komentar

Like the rain that colour this flower, Thanks for having made my life never colourless. Because, the right man is you :)

OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa)

| | | 0 komentar
Yak. Selesai tanggal 16 itu rasanya......indah banget bangun pagi
Tak ada tugas lagi (ada sih yang dibawa liburan), gak lari-lari, gak seharian pake name tag jumbo, gak nulis berfolio-folio lagi, haah, tinggal seminggu pulang.
Bangun pagiku udah dengan senyum lebaaar sekali.

Jadwal selanjutnya, tanggal 18-24 September 2011, adalah OBM.
Yak sesuai namanya, disini kita mahasiswa baru diajarin cara belajar ala UI. Ini WAJIB diikuti karena masuk di MPKT.

Sebelumnya, kita seluruh mahasiswa baru dibagi jadi kelompok-kelompok. Yang mbagi pihak universitas, dan campur jurusan. Aku dapet kelompok G1-B, dan temen kelompokku justru kebanyakan dari FK/FKG. Sekelompok ini akan terus bersama selama 6 hari itu. Ada 3 pelajaran berarti ada 4 ruangan. Tiap ruangan ada di fakultas yang berbeda.
Jadi LS aku ada di FISIP, CL-PBL ada di FH, IT-CML di perpus lama. Tujuannya biar kenal kampus.

Ada 3 pelajaran di OBM ini:
1. LS (Learning Skiil)
Pelajaran ini semacam ngenalin bagaimana MAHASISWA itu seharusnya bergaul dan belajar. Perbedaan SMA dan kuliah, berpikir secara kritis, kerja sama tim, sudut pandang menilai orang lain, dan lainnya. LS ini yang paling enak. Kita diajarin lewat games, jadi kayak training kepribadian. Yang ngajar juga mahasiswa S2 Fakultas Psikologi UI, jadi masih nyambung. Apalagi mbaknya (yang ngajar) cantik, semangat deh.

2. CL (Collaborative Learning) dan PBL (Problem Based Learning)
Em, ini sebenernya yang paling ngebosenin. Tapi justru ini yang kepake ntar. Yah, CL dan PBL itu sistem pembelajaran di UI. Jadi kita semacam simulasi. Diskusi kelompok, isi borang, tuker kelompok, isi borang, kumpulin makalah, presentasi, isi borang. Borang is boring.
Borang ini buat penilaian MPKT. Jadi nilai kita tergantung banget sama temen-temen lain. Padahal MPKT ini 6 sks sendiri. -.-
3. IT (Information Technology) dan CML (Computer Literate)
Ini enak juga. Kalo di IT, kita diajarin cara belajar dengan sistem informasi online UI. JUITA, email UI, isi IRS, Kuliah online, jurnal ilmiah, kemahasiswaan, blog, dan pengurusan lain melalui online. Di UI banyak banget yang terkomputerisasi.
Jadwal harus cepet-cepetan daftar online, pembelajaran ada yang online, diskusi, keaktifan diskusi maya juga dinilai. Aaa.

Kalo CML isinya tentang gimana kita mencari literatur dalam penulisan artikel ilmiah. Seperti gak boleh wikipedia, gak boleh .com, .blogspot.com, wordpress, etc.Intinya harus bener-bener cari yang terjamin kebenarannya. Enak juga soalnya diajak muter-muter perpus UI, sama diajarin cari buku dan informasi itu lewat internet.

Kelompok OBM ku enak lah. Gak ada yang sok ato terlalu gimana. Malah seru, tuker-tukeran belajar bahasa daerah. Alhamdulillah yah :)





Kelompok G1-B

OPK (Orientasi Pengenalan Kampus) #Day 2

| | | 0 komentar
Hari ini...
04.00 : Jam 4? Gila! Tugas!!!!! Duh ketiduran lama banget. Langsung aku ke meja dan mulai BUKA daftar tugas (benerbenergila). Aku kira tugasnya gak jauh-jauh dari yang kemarin yang bisa instan. Hula, apaan.

Buat essay tentang keadaan ekonomi Indonesia dilihat dari aspek moneter! (min 700kt)
Buat essay tentang prospek perekonomian Indonesia dan jelaskan bagaimana pengaruh G20, MEA, dan ACFTA! (min 700kt)
Buat review seminar hari pertama OPK!
Buat essay tokoh idola di FEUI dengan mencantumkan profil lengkap beserta alasan mengaguminya! (min 600kt)

AKU MATI
Aaaaaaaaaaaaaaaaa gimanagimanagimanagimanagimana
Data nggak ada, tak ada koneksi internet, mau keluar cari warnet, wadu....

Ah, kerjain sebisaku aja lah. Yah, dikit-dikit tau lah.
Mulailah ambil folio dan udah mau nulis. Sret.
Loh? Ni pulpen?
Aaaaaaaaaaaaaaaaa pulpen abis dan ini masih jam 4 pagi.
Akhirnya aku keluar kamar dan ngetukin pintu orang,

"Aku Lita, di kamar 16, punya pulpen item yang bisa dipinjem?"

Heran, pada punyanya biru. Untung ada juga yang item akhirnya. Dan mulailah proyek SKS (Sistem Kebut Sejam) ini.
Bener-bener ngebut, udah nggak mikir nulisnya, tanpa corat coret dulu langsung capcus di folionya. Herannya otak ini lancar bener, gak salah-salah lagi nulisnya.

05.10 : Haah akhirnya beres. Sekarang mandi.
05.20 : Yak semua siap, jangan lupa penggaris sial ini ditinggal. Waa, tinggal 10 menit lagi dan aku masih di kosan. Lari!!!!

05.34 : Duh nyampe juga di FE. Matiin HP dulu. Ternyata masih antri cek atribut. Gak keliatan telat :P

Yah karena semalemnya saya pemulihan, hari ini biar seminar full aku gak ngantuk, yeyeye....
Dan, hari ini mengalami peningkatan drastis menjadi PS (Prestasi Sempurna) karena nilai essay ku (yang ngasal tadi pagi) dapet paling bagus sekelompok :D
Kepepet memang hebat, he...

Hari ini juga nglakuin 'salam senior' seangkatan dan yel-yel FEUI

Economy....Economy....
Economy goes marching in
and I want to be that number
Economy goes marching in


Ekonomi 2011.....SIAP!
Pemimpin Muda.....SIAP MENGABDI BANGSA!

We are the Golden Generation

OPK (Orientasi Pengenalan Kampus)

Rabu, 14 September 2011

| | | 0 komentar
Nama aslinya PSAF (Pengenalan Sistem Akademik Fakultas)
OSPEK tingkat fakultas. Dua hari juga, yah resminya dua hari....
Semakin sedikit sesuatu yang kita hadapi, pasti kita akan lebih fokus terhadap hal tersebut, benar kan?
Kakak FEUI pasti juga sangat fokus mempersiapkan OPK ini. Sangat fokus
(jadi suka kata fokus nih gara-gara komdis)

Acara ini berlangsung 15-16 Agustus 2011. Tapi, jauh-jauh sebelunya, dari sepulang padus hari pertama, kita udah dikumpulkan.
Jumlah seluruh FEUI 400 sekian. Dari sebanyak itu dibagi jadi 40 kelompok yang masing-masing dibimbing 2 kakak mentor. Nama kelompoknya sesuai nama proker di FEUI. Aku dapet kelompok 10 dengan nama SECOND (Syariah Economics Days). Ada 15 orang di kelompokku, 11 anak reguler, 2 orang paralel, dan 2 orang internasional.

(Batu nyadar belum sempet foto bareng -_____-)
Pokoknya ada si Deo, Leo(Cepi), Desti, Aku, 5 orang bernama Dewi, Debora(Debokir), Anggi, Galuh(Galsbro), Jiji(Jisbro), Elvia, dan Karin.
Mereka baik-baik dan enak untungnya :)
Oya, soal 5 orang bernama Dewi itu, kita sepakat akhirnya ambil nama belakangnya semua;
Dewi Agustin jadi si Agus
Dewi Ayu jadi Ayu
Dewi Mita jadi Mita
Dewi Elviana jadi Elvi
Dewi Ahut jadi Ahut
Mentornya, Kak Vivi dan Kak Dwi


Sosialisasi tugas dan kelompok pertama kali

Secara singkat, tugas OPK ini lipat-lipatnya dari universitas. Berhari-hari begadang, kumpul tiap hari, boros beli bahan, sampai nginep di kosan temen.
Enggak cuman anak kelompokku sih. Rata-rata disini pada niat, jadi yah pemandangan karton segala macem, esay disana sini, sampai malem juga isinya maba kerja semua. Euforia mahasiswa baru UI.

Emang apaan tugasnya?
Bikin name tag, tas karung, note, map, jahit baju, essay, dan yel angkatan
Name tag ini aja udah bikin mejet-mejet. Ada aturan nama ukuran 5x4, NPM ukuran 3x2, huruf dari atas jarak 2 cm, dari kanan kiri 1 cm, diameter 40 cm, dan lainnya. Satu ini rempong bener.
Tali kepangan, name tag anyaman, kreatif ya kak.



Name tag depan, belakang, dan map

Yel-yelnya juga panjang. Disebut 'salam senior' di sini. Ada 6 lagu dan gayanya heboh lah. Ngompakin 400 orang itu yang eng....

Baju juga dijahit pita, lengan kanan warna kuning, lengan kiri warna abu-abu. Anak FE meriah deh. Begitu subuh keluar kos langsung dimana-mana nametag besar ini bertebaran. Mencolok sih. Jadi semangat tapi, serius :)
(Padahal H-1 persis aku gak tidur sama sekali buat nglembur essay)

OPK ini ada sistem kartu pahala. Ini fungsinya nilai atribut. Waktu dateng dicek, bawa yang selain disuruh nggak, ato kurang gak, ditanyain ukuran huruf, biodata kakak kelas, dan lainnya. Semakin banyak yang gak tahu, ya semakin jelek pahalanya.

Aku nggak telat, aku tahu ukuran, aku tahu nama kakaknya, tapi waktu dicek tasnya;
"Ini apa, dek?"
"Penggaris besi, Kak."
"Ini senjata tajam, dek."
"Kan disuruh bawa penggaris, Kak. Saya nggak punya selain itu"
"Ini saya sita. Nama kamu siapa dek?"
"......"

dan kartu pahalaku ditulis SC.

Pertama santai aja sih, eh ternyata temenku gak ada yang SC. Ada juga AL, AR, AB, dll... Apaan sih ni SC.
Waktu kumpul mentor, kak Vivi kaget waktu tanya aku dapet apa,

"Kok bisa SC sih?"
"Emang SC apaan Kak?"
"Iya, jadi itu tingkatan, AL, AR, AS, AB; Lengkap, ringan, sedang, berat, paling rendah SC-Special Case."
".......bawa penggaris besi kak. Emang sesalah itu ya?"

Ya udahlah, pasrah. Di OPK, tiap mobilisasi juga suruh lari sama komdis.
"FOKUS FOKUS FOKUS"
"RAPATKAN DEPANNYA"
"LARI, DEK!"
sampai kita tiruin gayanya.

Sampai di ruang workshop, hoahm.
Duh, dah semaleman begadang, kursi empuk, ruangan ber-AC, siapa yang tidak tergoda. Mulai deh aku melayang dah gak hidup rasanya, melek tapi ngawang.
Padahal kalo ketahuan tidur entar difoto dan dipajang. Ya Allah, tapi ini nyiksa banget. Marahin aja deh, daripada nahan ngantuk gini.

Karena sebelahku Anggi, kita janjian tepok-tepokan, biar gak ketiduran. Sepertinya banyak yang lain gitu juga. :3

Sorenya, evaluasi. Yak saya dihukum. Dimarahin aja sih, tapi dah males nanggepin, capek....
Eh mau pulang dikasih tugas lagi untuk hari keduanya.
Pulang ke kosan dianter sambil lari pula.

Makasih kakak, saya sepertinya senang pulang sendiri :'

OKK(Orientasi Kehidupan Kampus)

| | | 0 komentar
Ini kalo secara umum, istilahnya Ospek tingkat Universitas. Jadi, nama dari UI nya kan PSAU (Pengenalan Sistem Akademik Universitas), nama kerennya OKK. Acara ini berlangsung tanggal 12-13 Agustus 2011 untuk maba reguler dan 18-19 Agustus 2011 untuk maba non-reg. Seragamnya adalah putih-putih.

Tema OKK tahun ini adalah PEDULI INDONESIA-Totalitas Pengabdian.
Karena itu, kuliah umum, tugas, dan orasinya fokus untuk membangkitkan jiwa nasionalisme para mahasiswa baru untuk lebih berbakti pada negaranya, bukan hanya orientasi pada diri sendiri.
Badge OKK UI 2011

Sebelum pelaksanaan acara itu, tugasnya sudah diberikan melalui web. Ada tugas individu, ada tugas kelompok. Tugas individu semacam buat name tag, bikin poster 100 mimpi, bawa buku untuk disumbangkan, menulis surat cinta untuk Indonesia, isi kuesioner, dan ngapalin lagu yang ada di webnya.

Untuk tugas kelompok beda sesuai jalur masuk, jalur undangan bikin essay; jalur tulis dan simak bikin komik. Tetapi, keduanya harus sesuai tema yang ditentukan. Bikin kelompoknya juga harus aktif cari sendiri, lewat fb dan twitter dan gak boleh berasal dari fakultas yang sama.

Yang didapatkan: Belajar update dan gaul



Name tag dan Komik kelompok (Jadi pemain loh :P)


Nah inilah hari H nya.
MABA DILARANG NAIK/MEMBAWA KENDARAAN!


Kakak tingkat sudah standby dimana-mana dari subuh untuk memastikan para maba jalan (baca:lari) dan diputar-putarkan. Walaupun ada jalan pintas, harus ikut jalan kakaknya.
Bawa air 1,5 liter untuk wudu, tas ransel, menahan rok kebesaran, dan puasa; itu jauh, Tuhan....

Langsung aja, acara hari pertama kebanyakan seminar. Ngantuk. Semaleman garap tugas atribut ospek fakultas, sekarang dihadepin begini, akhirnya biar gak berdosa juga, aku tinggal garap essay aja. Gak ngeh apa yang di depan, he....

Hari kedua nih, KEREN....:D
Pagi ya begitulah tak perlu diceritakan. Tambah jauh dikit sih. Okelah.
Hari ini adalah pengumpulan tugas poster 100 mimpi. Bukan dikumpulin sih, cuma dicap aja. Habis itu suruh ditempel di kamar masing-masing.

"Percayalah. Saya akan mewujudkannya"

Nah, hari ini BEDA. Mungkin melihat antusiasme yang kurang di hari pertama. Hari kedua ini berisi dinamika angkatan. Setelah dipanas-panasin, kita angkatan 2011 ditantang kakaknya untuk membuat huruf OKK dari seluruh maba. Tantangannya tak sampai situ. Kakak tingkat akan turun ke bawah dan berusaha mengambil salah satu dari kami. Jadi, bertahan agar tetap utuh sekaligus membentuk huruf besar ini. Keren, berasa kayak demo.

Suasana OKK

Udah jadi rapi nih, tiba-tiba kakak tingkat ada yang mengambil salah satu maba cowok dari ujung huruf K. Langsung huruf K nya bubar untuk mengambil yang diambil tadi. Sementara maba ceweknya nyorakin, "2011!2011!2011!2011!2011!"
and finally, kita berhasil dan kakak kelas nepuk tanganin kita semua. Langsung terbuka deh spanduk dari atas dan bertebaran balon warna-warni. Waa :)



Acara tak selesai sampai disitu. Selanjutnya diisi berbagai orasi oleh kakak tingkat yang bener-bener dalem. Ntar aku kupas lagi di postingan selanjutnya.
Big applause for all of OKK staff.
Makasih, Kak. Welcoming sekali. :)

Latihan Paduan Suara

| | | 0 komentar
Pertama lihat jadwal,

"Apaan nih, 6 hari latihan paduan suara?"
"Semua? 6000 orang?"
"Ha? pukul 07.00-16.00?"

Ya udahlah ya, daripada banyak pertanyaan dan maba lain gak ngerti juga, akhirnya tanggal 6 Agustus, aku berangkat ke Balairung UI.

Tahap 1: Baris
Dikumpulin tiap fakultas sama kakak Menwa (Resimen Mahasiswa). Diatur barisnya, kalo duduk ya diteriakin suruh berdiri, yang sebelahan suruh pisah, ribet lah. Ternyata cuma buat antri absen. Jadi, berhubung list absen hanya ada satu di depan, kami 500 orang feui harus antri. Karena, absen itulah yang menentukan nasib jakun kami. Di sini juga dikasih tau, setiap pagi sebelum kegiatan dan sore sebelum pulang, absen seperti ini. Buset, pantes aja lama. Ternyata.

Tahap 2: Pembagian buku kuning
Buku kuning ini isinya 16 lagu dan notnya, di pisah jadi suara sopran, alto, tenor, dan bass. Paduan suara beneran ternyata. Buku yang penting juga, tak boleh hilang, dan harus selalu dibawa selama setahun.

Tahap 3: Pembagian suara
Kita suruh milih mau masuk suara jenis apa. Cewek milih antara sopran dan alto, cowok antara tenor dan bass. Duduknya juga dipisah.

Tahap 4: Nyanyi
Baru nih diajarin nyanyi disini. Paduan suara ini ternyata untuk dinyanyikan saat wisuda maba, saat wisuda sarjana bulan september, saat peresmian gedung perpustakaan UI, dan untuk memecahkan rekor. Woooo....

Satu kata untuk paduan suara ini: Merinding.
Begitu nyanyi secara serentak lagu "Genderang UI" oleh 4000 an maba reguler dan di dalam Balairung yang menggema, rasanya, aaaaa.....
Apalagi suara pelatihnya, Pak Dibyo, wah lovely banget, :P
Pak Dibyo fans club

KAMABA UI 2011

Kamis, 01 September 2011

| | | 0 komentar

Jadi murid baru, di SMP-SMA-(bahkan)Kuliah, identik dengan OSPEK. Heboh kucir banyak, nametag aneh, tas karung, bawaan ribet, urusan sama kakak senior, yah sekitar itulah. Sebenarnya, selama ini aku belum pernah berurusan langsung dengan itu semua. Sering lihat, sebatas itu. SMP dan SMA ku untungnya baik hati sekali. Paling-paling acara penyambutan yang disebut MOS (Masa Orientasi Siswa) hanya diisi ceramah guru dan promosi ekstrakurikuler. Muterin sekolah, duduk, memperhatikan. Tiba-tiba saja seminggu lewat dan jadilah kita berganti seragam lalu sekolah. Lalalala....

Tapi......masuk kuliah beda.

Di UI, ada "serangkaian" acara penyambutan mahasiswa baru yang disebut KAMABA-Kegiatan Mahasiswa Baru. KAMABA ini super penting sifatnya bagi semua mahasiswa baru. Gak boleh lupa, gak boleh telat, dan gak boleh terlewatkan. Kenapa?

Karena ini menyangkut hidup maba itu sendiri di UI.

Ini serius, bukan sekedar melebih-lebihkan.
Jadi, walaupun udah daftar ulang, kita sebagai maba baru dapet KTM dan akun UI. Jakun (Jaket Kuning) yang jadi kebanggaan itu belum boleh dipake. (Ya iyalah, dikasi juga enggak).
Untuk mendapatkan jakun kebanggaan itu, maba harus mengikuti seluruh rangkaian kamaba. Absen lebih dari 25% akan berakibat pada tidak diberikannya jakun dan di black list dari segala organisasi, kegiatan kemahasiswaan, kepanitiaan, dan keikutsertaan dari kompetisi. Ini bukan sekadar ancaman. Semuanya diatur dalam SK Rektor dan salinannya dibagikan ke semua maba di hari pertama kamaba. Serem amat kan.

He, tapi sebenarnya gak semengerikan itu sih. Acaranya hepi juga.
Rangkaian kamaba ini terdiri dari CBT(Character Building Training), latihan paduan suara, PSAU (Perkenalan Sistem Akademik Universitas), PSAF (Perkenalan Sistem Akademik Fakultas), dan OBM(Orientasi Belajar Mahasiswa). Terlihat sedikit? hohoho...

Yah, biar lebih detail q posting sendiri-sendiri aja ;)

Genderang UI

Minggu, 26 Juni 2011

| | | 0 komentar
Ah, Lagu ini...:'
Denger pertama kali di Balairung waktu dinyanyiin 6000 maba, rasanya sampai merinding.
Cinta banget sama UI :*

Genderang UI

Universitas Indonesia
Universitas kami
Ibukota negara
Pusat ilmu budaya bangsa
Kami mahasiswa, mengabdi cita
Ngejar ilmu pekerti luhur
Tuk nusa dan bangsa
Smangat lincah gembira
Sadar bertugas mulia
Berbakti dalam karya
Mahasiswa
Universita Indonesia
Perlambang cita
Berdasarkan pancasila dasar negara
Kobarkan semangat cita
Demi ampera

Konsistensi

Minggu, 12 Juni 2011

| | | 0 komentar
Apa yang terpenting dari setiap usaha?
Keteguhan dan konsistensi
sekali lengah,
semua runtuh
tak berbekas dan menyakitkan

Dawet Duren

Sabtu, 11 Juni 2011

| | | 0 komentar
Hehe, dr kmaren bkin rada menye. Maaf ya, kebawa suasana sih :P

Jadi, sesuai judulnya,
sekarang aku mau cerita (promosi) es dawet duren yang aku cobain tadi siang. Asoyy...

Beberapa dari kalian mungkin udah pernah denger dan rasain. Tapi buat yang belom, dan tidak alergi pada duren, tape, atau alpokat, TRY THIS! :)

Tadi siang, setelah muter-muter Pasar Johar kurang kerjaan, aku capek sendiri. Pegel, panas pula. Tau sendiri semarang bawah kaya apa. Nah, aku gak bawa minum. Ada es juga yang kaya es degan, es mangga gitu, tapi ah biasa. Trus, cling.cling, aku lihat gerobak es dawet duren yang cukup rame. Deket pemberhentian damri. Dari arah smaga kiri jalan. Datengin dah.

Aku ini pecinta duren yang gak terima duren diolah jadi bentuk lain, termasuk es. Pokoknya hrus makan murni. Tapi gimana, udah kering banget. Aku pesen akhirnya, paling gak, kalo durennya gak enak, masih ada dawetnya.

Begitu pesanan dateng, langsung kucuil durennya dan slrup... Ah, enaknya. Dingin, lembut, manis, sip lah. Saking lamanya gak makan duren bisa bikin efek-efek gini ya. Ternyata menjadikan duren sebagai es itu baik juga :)

Berikutnya, aku udek-udek mangkok itu. Ada tape, tape ijo, alpokat, irengan, dan dawet tentu saja. Perpaduan yang cukup pas lah untuk semua itu. Enaak :)

Cuman, hukum alam, beda isi, beda harga. Kalo biasanya dawet yang kita biasa temui depan SMAGA 2000-an, ini harganya 15000. Isinya duren ada 3 biji, tape 3 irisan, tape ijo 1 pincuk, dawet, irengan, santan, gula jawa. Cukup setara lah.
Kalo sebagai pelajar, aku bilang ini gak murah sih, tapi karena dibayarin, mikir enaknya ja, hehe...

Yak, gitulah laporan kuliner hari ini. Ada banyak tempat enak yang masih harus dikunjungi mumpung libur sambil mengenal Semarang. Try this one!

Gradual

| | | 0 komentar
Nanti, setelah berangsur
semua akan mencapai ekuilibriumnya
samakah titik kita?
tak bisa diprediksi dan diasumsi
tidak perlu buru-buru
segala yang gradual akan bertahan lebih lama
sementara,
cukuplah bagiku

Jarak, ruang, dan waktu

| | | 0 komentar
akankah berpihak pada kita?
dan menghilangkan dunia antara?
Saat ini, iya,
sebentar lagi, tidak
suatu saat, (semoga) iya :)
titik

oranglongalongo(3)

Selasa, 07 Juni 2011

| | | 0 komentar
Apa yang paling tidak kusukai?
Orang longa-longo (bukan plengeh)

dia tahu apa kewajibannya
tapi SOK SEKALI tak melakukan apa-apa
dia bilang istirahat
tapi siapa yang akan menolerir istirahat bertahun
dia bilang sakit (jiwa kali)
semua tahu, sakit itu sudah mati dari lama
orang longa-longo yang cuma bercerita masa lalunya
yang sekarang tak bergerak
orang longa-longo yang mengandalkan orang lain,
yang seHARUSnya jadi kewajibannya

Aku
BENAR BENAR BENCI pada orang longa-longo ini.

Oranglongalongo(2)

| | | 0 komentar
Siapa yang tuli?
Aku?
Coba dengar suara rumah ini
dan yang dikeluhkannya
Siapa yang tak mau berubah?
berani bertaruh,
bukan aku yang tuli di antara kita

oranglongalongo (1)

| | | 0 komentar
Baiklah, kita mulai lagi jajak ini
ah sudahlah
ini akan berakhir debat kusir,
lagi-lagi
aku akan pergi
puas?

I Wanna Grow Old With You

Senin, 06 Juni 2011

| | | 0 komentar
Another day
Without your smile
Another day just passes by
But now I know
How much it means
For you to stay
Right here with me

*The time we spent apart will make our love grow stronger
But it hurt so bad I can't take it any longer

Reff:
I wanna grow old with you
I wanna die lying in your arms
I wanna grow old with you
I wanna be looking in your eyes
I wanna be there for you
Sharing everything you do
I wanna grow old with you

A thousand miles between us now
It causes me to wonder how
Our love tonight remains so strong
It makes our risk right all along

*, Reff

Things can come and go I know but
Baby I believe
Something's burning strong between us
Makes it clear to me

Reff

Ups!

Minggu, 05 Juni 2011

| | | 0 komentar
Aku baru ngaktifin lagi memberku di persewaan komik 'Garfield' kmaren. Tanpa basa-basi aku pinjem banyak komik plus novel. Satu inceranku, novel Raditya Dika 'Marmut Merah Jambu'. Emang udah lama keluar sih, tapi aku belum pernah baca. Kan dulu banyak urusan, he...

dan... Begitu aku baca judul pertama. 'Orang yang Jatuh Cinta Diam-Diam'.....
UPS! Sama ya?

Ya...emang ceritanya gak plek sih.. Punya dia lebih bagus (tentu saja) dan bikin ngakak sepuasnya (tentu saja lagi). Tapi, bukan itu masalahnya,

Bagi yang udah baca postingan ini dan kebetulan fansnya Raditya Dika,
aku minta maaf. Bener-bener gak tahu soalnya. Ide bikin postingan ini dari pengalaman orang deket dengan sedikit dramatisasi. Selain karena aku kurang kerjaan.

Jadi, begitulah. Aku mau minta maaf lagi. Mungkin sebelum nulis, aku harus cari referensi udah ada apa blom lain kali. :p

Jatuh Cinta Diam-Diam

Jumat, 03 Juni 2011

| | | 1 komentar
Orang yang jatuh cinta diam-diam
sangatlah dekat dengan kematian
dia saking terbiasanya
dengan serangan jantung dan stroke secara tiba-tiba

Orang yang jatuh cinta diam-diam
adalah agen rahasia ulung
dia bisa tahu segala tentang orang yang disukainya
dari informasi pribadi sampai hal tidak penting lainnya
dia tahu,
kapan waktu bisa berpapasan
dan mengatur seolah tak sengaja
tapi seringnya, akhirnya,
justru tak jadi melakukan apa-apa,
beberapa yang ekstrim,
dapat ditemukan melongo-longo tidak jelas

Orang yang jatuh cinta diam-diam
mendadak jadi seniman hebat
dia bisa menulis tentang orang yang disukainya
di mana saja kapan saja
atau taraf lebih tinggi, menggambar dan berpuisi
Lagu jadi banyak yang terasa pas di telinganya
beberapa kasus,
bahkan bisa digubah
dan direncanakan untuk dinyanyikan
Tapi, tak berhasil seringnya

Orang yang jatuh cinta diam-diam,
biasanya pernah mendapat tantangan dari temannya untuk mengutarakannya
dari sekedar menyapa,
sampai menelepon yang langsung ditutupnya sendiri

Orang yang jatuh cinta diam-diam
hampir dapat dipastikan,
sehat secara jasmaniah
Banyak waktu untuk senyum-senyum
Banyak senam mata
dan jantungnya sudah cukup terpompa tanpa berolahraga
sayangnya dalam kasus ini,
sehat jiwa berbanding terbalik dengan sehat raga

Orang yang jatuh cinta diam-diam
punya banyak permintaan tambahan dalam doanya
tentang orang yang disukainya
pengharapan terakhir
setelah yang tak berhasil dilakukannya

Orang yang jatuh cinta diam-diam
paham betul
konsekuensi cinta itu
dan mereka sudah menerima dari dulu
kenyataan tak selalu sesuai keinginan
bahwa akhirnya mereka harus merelakan,
dan kembali,
jatuh cinta sendiri

Siklus

| | | 0 komentar
Seperti siklus,
kita kembali lagi
pada bawah pohon cersen dan jambu
yang sering kita curi dulu
"Ngapain?"
dan kita kembali mencuri
beberapa tahun yang telah lewat
"Sudah lama ya?"
Ya, sampai aku punya siklusku sendiri
kau juga
Tapi ini masih tawa yang sama
Orang yang sama
dan mungkin, rindu yang sama
Tapi, siklus tak akan berhenti
Kita adalah dua siklus berlawanan
dengan beda periode
dalam interval sendiri-sendiri,
Ini hanya interferensi sesaat
dan siklus
berputar kembali

Lebih dari Gerimis

Kamis, 02 Juni 2011

| | | 0 komentar
Sebab gerimis tak lagi cukup
lama pun, aku masih haus
Hujan lebatlah
sebentar saja,
aku dahaga akan ironi
dan pada tanah-udara-mu
Mampirlah lagi
aku bosan sekadar gerimis
yang meski menyapa tiap hari

Ya, aku serakah
Tapi aku kangen, hujan...
Sebelum aku tak bisa lagi berkata denganmu
di tamanku

Akhirnya, kembali lagi

| | | 0 komentar
Hi, blog :)

Akhirnya, benar-benar senang bisa membukamu lagi
Maafkan aku yang melupakan paswordku sendiri
Yah, sebenarnya ini gara-gara ulahku yang mengganti pasword seenak udel
ditambah, belakangan aku harus bikin pasword untuk banyak hal:
SNMPTN Undangan, tertulis, email baru, Speedy, milis beasiswa, Akun UI, dan situs tak jelas lain kalo aku nyasar.
He, sebenarnya... Ada pasword paten untuk semua itu, jadi tak masalah.
Justru ini yang satu-satunya beda dan sialnya, satu-satunya yang lupa
Duh -.-

Hm, tapi sekarang semua sudah normal
Banyaaaaaaaaak sekali, Blog yang ingin kuceritakan
Yang sudah lalu
Yang terlewati
Tapiii, basi banget ditulis sekarang,
salahku yang gak update sendiri

Jadi, yah mungkin langsung aku skip dan loncat ke cerita sekarang
Hehhe, aku kan punya banyak waktu :)

Curhat Labil

Jumat, 04 Maret 2011

| | | 1 komentar
Maaf sebelumnya, ini cuma curhat anak kelas 3 labil

Belakangan ini, aku melewatkan banyaaaaak sekali hal
yang padahal penting
untuk saat-saat sekarang

Berkali-kali bolos les
Pulang sore cuman untuk maen
Tugas yang belum kelar
Buku latihan soal yang tak tersentuh lagi
Ketiduran waktu pelajaran
Salah Try out yang kuanggap biasa
dan masih tertawa tak peduli
dan hal-hal kurang penting
yang justru menyita pikiranku

Aku terlalu santai

9 hari sebelum UAS
44 hari sebelum UAN

Astaga....

Aku bukan Lita yang dulu

Kalau seperti ini, mana bisa jadi yang terbaik

Kelas 3. Harusnya jadi perjuangan puncak,
malah...........
Haaaah -_____________________-

Pikiranku bukannya gimana memaksimalkan prestasi di kelas 3,
tapi gimana memaksimalkan waktu yang ada untuk kenangan SMA.
Ya, memang itu penting.
Tapi setidaknya sebelum 18-21 April 2011 aku bisa prihatin dulu.
Tapi gak bisa....
T_T

8 hari lagi
SNMPTN Undangan ditutup
dan aku,
bahkan belum sepenuhnya yakin pada pilihanku

Rasanya sampai aku sendiri capek memikirkannya
Aku takut
Semua orang sudah mantap pada pilihan dan tujuan mereka,
kecuali aku

Orangtuaku selalu tanya,
apa mimpiku sebenarnya
Aku jadi berpikir
Iya ya? apa cita-citaku?
Dari dulu aku tak punya cita-cita khusus
Aku hanya menjalani apa yang ada di depanku sebaik mungkin
Kalau harus belajar Ekonomi untuk OSN, ya aku jadi menyukai dan belajar Ekonomi terus
Kalau waktunya pelajaran sekolah, ya aku juga akan belajar sepenuh hati

Aku iri
Pada orang-orang yang mempunyai mimpi dan ambisi jelas
Walaupun mungkin mereka lihatnya aku mengerjakan lebih baik dari mereka sekarang
Tapi, itu hanya ambisi nilai
Aku tak tahu mau jadi apa
Mau belajar apa
Aku seperti hanya pekerja untuk mendapatkan nilai

Aku ingin masuk Ekonomi (awalnya)
Ya, dulu aku benar-benar menyukainya
dan aku sudah mantap memilihnya
tapi, tetap saja ada tanya?
Memang iya aku suka?
Bukan cuma terbawa suasana dan karena ada undangan
Bukan karena aku tak mau bersusah-susah?
Aku bingung
Bahkan perasaanku sendiri aku tak kenal
Tiap orang yang tanya aku masuk apa?
Pasti berpikir aku anomali memilih ekonomi dibandingkan aku anak IPA
dan kebanyakan menyarankan
Akuntansi dibandingkan Ekonomi Pembangunan
Padahal aku tak minat Akuntansi. Dari dulu.
Kalau memilih Fakultas Ekonomi dan harus Akuntansi,
aku pikir,
lebih baik tidak.

Jadi, kucoba alternatif lain
Entah karena efek-efek belajar IPA akhir-akhir ini,
aku ingin memilih jurusan IPA
IPA tak pernah membosankan
Kalau ini, aku tahu pasti

Aku coba buka teknik satu-satu
Mencari kurikulum, prospek, dan sebagainya
Aku minat sebenarnya pada pertambangan,
tapi melihat aku perempuan,
orangtuaku tak mengiyakan.
Ya sudah, toh aku hanya kepikiran,
jadi kucoba cari alternatif lagi

IPA, prospek bagus, disetujui ortu
apalagi kalau bukan
Kedokteran
Hm........
Sebenarnya aku minat pada pelajarannya
Aku sangat suka biologi
tapi entahlah
Kedokteran= mahal, lama, serius
Aku tak tahu apa aku bisa survive di kedokteran
Apalagi aku sama sekali tak punya dasar dan gambaran
Tapi, orangtuaku mendukungku
Mereka bilang aku akan paham nanti dengan sendirinya
toh semua bisa dipelajari
Apalagi dari dulu eyang ingin punya cucu dokter
Ya, sampai situ sudah
Akhirnya aku mantap memilih FK

Waktu iseng,
Aku buka website FK,
Aku jadi tak yakin sendiri apa benar ini yang mau aku masuki
Aku buta
dibanding temanku lain yang sering ikut lomba Fisika, Kimia, dan Biologi

Aku buka lagi website FE
Rasanya beda
Melihat daftar pelajaran yang pernah aku kenal sebelumnya
Kalau Ekonomi, setidaknya aku ada dasar

Orang-orang di sekitarku sering menyarankan,
"Ambil Eko aja Lit, kamu kan udah sangar."
Hem. Sesungguhnya aku tak merasa seperti itu
Dari OSN aja, aku merasa itu mungkin 80% sendiri untung
Banyak temanku yang hebat
Banyak dari mereka yang mencintai Ekonomi
Ekonomi bagi mereka topik
keseharian mereka
makanan bahkan mungkin
Sementara aku,
aku tak segila itu pada Ekonomi
Aku membaca berita Ekonomi ya karena itu memang materi lomba
Sebelumnya? Sesudahnya?
Bacapun, hanya sekedar tahu
Mereka?
Mendiskusikannya. Mencari solusi versi mereka sendiri.
Aku tak sebegitu
Padahal, kalau mau masuk dan berhasil di studi pembangunan,
haruslah kritis pada masalah ekonomi Indonesia

Ada juga yang bilang, "Ngikutin jejaknya Sri Mulyani"
haa. Tak semua jadi seperti itu.
dan sepertinya aku bukan orang spesial itu.

Aku tertarik pada kesehatan dan penyakit
Aku suka biologi
Tapi lagi-lagi aku teringat "buta"
Weng...

Jadi ingat kata-kata bapaknya Fu,
"Siapa yang bisa jamin nasib kita?"
Kita hanya perlu berusaha.
Jadi, kalaupun nanti akhirya aku mantap memilih FK,
aku akan menyeriusinya sepenuh hati
Tak peduli walaupun itu hanya ambisi cumlaude.

Ya Allah....
Bantu aku memantapkan hatiku.
dan SADAR.

Ujian Praktek

Sabtu, 19 Februari 2011

| | | 0 komentar
Hm, pasti banyak dari kita bingung sebel pusing gara-gara ini.
Ya iya sih...
Materi yang banyak
waktu yang rasanya tak pernah cukup dan tepat
pikiran bercabang
persiapan tak maksimal
ditambah
guru yang kurang pengertian
Haah.....

Tapi ayo coba kita lihat dari sudut pandang lain.

Masalah nilai, sebenarnya bisa dibilang kita tak perlu terlalu khawatir, karena kemungkinan guru akan meluluskan muridnya.
Kalau soal lelah, ya itu pasti.
Konsekuensi dari kelas 3 kita

Tapi, adakah yang pernah merasa bahwa sebenarnya,
ada makna dari kesusahan kita saat ini.

Ada kebersamaan saat kita berlatih drama
Ada tawa saat kita membuat tarian
Ada kenangan pada setiap ujian kita
Ada cerita di tiap latihan dan perjalanan kita
Foto, video, dan rekaman.
Bagi kita sekarang hanyalah tugas yang harus dinilaikan.
Tapi coba putar lagi beberapa tahun kedepan.
Kita akan bersyukur pernah mengalaminya.
Dan bisa kembali menceritakannya.

Atau sebagai penguat, bahwa kita pernah mengalami waktu-waktu penuh perjuangan.

Jadi, untuk semua yang menjalani ujian praktek.
Ayo, SEMANGAT!!!
Anggap sebagai momen berharga sebelum kelulusan.
Masalah kesempurnaan, bodo amat.
Yang penting, tetap CERIA!!!!

:D:D:D

Aku + Kamu = Hujan

Jumat, 04 Februari 2011

| | | 0 komentar
He, akhirnya kutulis juga judul ini

Teori 1
: Aku+Kamu=Hujan

Hm? Kenapa ya?
Karena hujan favoritku?
Haaa, mana kutahu

1.Ingat es krim dekat SMP 2? Sepulangnya, kita kehujanan. Hujan pertama. Ditambah nyasar. Basah kuyup.
2. Hujan kedua, ini tak cuma basah. Aku beku separuh kaku. Untung ada segelas wedang jahe panas. Ingat? Pecel dan Tahu gimbal yang kuahnya bertambah banyak karena hujan? Haha...
3. Hmm, Hujan Ketiga, antara BSB-Semarang. Tuh kan, hujan lagi, untung kita sempat berteduh.

Hm, dalam percobaan, setelah 3 kali pembuktian,
teorinya bisa dianggap cukup sah. Haha...ngarang banget.
Tapi aku masih heran, ada apa ya dengan hujan?
Jadi inget lagu 'Hujan'

Aku selalu bahagia
Saat hujan turun
Karena aku dapat mengenangmu
Untukku sendiri

Selalu ada cerita
Tersimpan di hatiku
Tentang kau dan hujan
Tentang cinta kita
Yang mengalir seperti air

Aku bisa tersenyum sepanjang hari
Karena hujan pernah
Menahanmu di sini
Untukku

Aku Mau ke Eropa

| | | 1 komentar
Hari ini mumpung pulang gasik,
aku beres-beres buku di gudang.

Eh, ketemu sekardus yang ada labelnya 'Barang Penting Lita'
dengan tulisan gede-gede gak rapi banget,

Penasaran kan,
kardus yang terisolasi rapat itu, aku buka lagi.
Ternyata isinya banyak buku cerita jaman kecil dulu
Ada 'Cerita 1001 Malam', 'Dongeng Klasik berbagai Negara', 'Kumpulan Kisah Rakyat...','Cinderella', 'Beauty and The Beast',....
Wah, iya ya aku punya buku ginian.

Aku buka-buka lagi ceritanya, apalagi yang Disney,
Isinya kebanyakan: putri, istana, kastil, atau pangeran berkuda.
Haha....

Terus di paling bawah ada kertas gambar
Gambarnya kayak istana, mungkin diwarnainya dulu pake pensil warna yang bisa jadi cat air,
jadinya sekarang mblobor.
Tapi, masih keliatan itu istana atau kastil gitulah.
Dibawahnya ada tulisan,
"Istana Lita"

Jhahaha...
Aku ngakak jadinya,
Bisa-bisanya dulu ngayal kayak gitu, haha....

Tapi terus aku berhenti ketawa,
Tiba-tiba inget,
Oia sampe sekarang kan aku juga belum berubah
Pengen banget ke Eropa cuman karena alasan sederhana,
Aku pingin liat Istana Versailles.

Haha, semoga dengan alasan konyol kayak gitu
Aku tetap bisa pergi ke Eropa
suatu saat nanti.

Amin :)

Tour de Undip

Kamis, 03 Februari 2011

| | | 1 komentar
Kmaren Bazilah ngajakin buat sepedaan bareng, sama Mbak Cha,
aku sih oke-oke aja. Kumpulnya jam 6 di patung kuda ngesrep.

Lah, ternyata,
sepedaannya sama anak-anak XII IPA 8 alias Holometabola. He...aku nyempil sendiri nih.
Jadi XII IPA 8 absen 41. :P
Mereka pada bawa motor. Ada 30 anak lah kira-kira. Di daerah ngesrep kan ada sepeda, nah kita rame-rame nyewa. Ada 2 macam sepeda, kalo yang biasa, mereknya polygon, harganya 3000/jam. Kalo tandem, yang bisa buat berdua itu, sewanya 8000/jam. (Walah, malah iklan gini xp)

Sepedanya kan baru mulai ada jam stengah 8, kita makan bubur ayam dulu.
Lah, dasar Bazilah. Dia mainin kuahnya bubur ayam yang dibotol, dikocok-kocok, kanan kiri atas bawah, dan crot! Kena bajuku. -.- Baz...Baz...

Sepeda barengnya kayak konvoi deh. Dah 30 anak, bareng-bareng, sepeda seragam pula. Haha, tapi seru lho...:D. Untungnya juga aku dah pada kenal, jadi enak aja.

Kita muterin UNDIP, dari satu gedung ke gedung lain, berasa Masa Orientasi yang Perkenalan aja. He... ternyata UNDIP banyak tempat yang aduhai, rindang dan dihujani daun-daun berguguran. Berasa autumn tadi. Ya, kita gak nglewatin momen kayak gini dong.
Icho sama Faris untungnya bawa kamera yang bagus itu, kita poto-poto deh. Sampe puasss :D

Aku sama Bazila juga sempet nyobain nandem loo. Wah, ternyata harus sejiwa seirama ya, buat nyetir tandem. Aku sama bazilah ngakalinnya sambil ngomong,
jadi kalo lurus, bilang, "Lurus.lurus.lurus"
ntar kalo belok kanan, "Kanan.kanan.kanan"
kalo belok kiri ya, "Kiri.kiri.kiri"
Berasa gerak sepeda, he...

Kita baru puas sepedaaan jam 10 an. Habis itu, beli molen yang berbagai rasa, ada coklat, keju, pisang, nangka, durian, dan stroberi. Ah..nikmatnya dunia.

Bazilah aja yang udah bertekad, "Aku habis ini gak mau makan lagi ah Lit. Dah 4 jam sepedaan sia-sia ki"
eh, akhirnya dia malah beli molennya 3000. Baz...Baz....

Ya, begitulah. Hepi tenan lo sepedaan. Kapan-kapan aku jadi pengen ngajak anak Limou ato Dispenser gowes bareng deh. He...:D

Ajaibnya libur :)

Rabu, 02 Februari 2011

| | | 1 komentar
Hehe, batereku rasanya full 100% lagi.
Rahasianya? LIBUR.

Setelah bener-bener dah males banget sama sekolah
sampe-sampe gak mau lagi liat angka-angka dan buku,
aku mutusin buat istirahat.

Senin, 31 Januari 2011
Haah, dah di sekolah males, suruh ngerjain soal gak bisa, ngurusin katalog bingung, harusnya hari ini les GO nyampe jam 6 pula. Haaah, dah bener-bener muntab. Ternyata si Riska juga hari ini suwung. He, terus akhirnya kepikiran,

"Ntar, aku gak usah GO ah, Ris, jalan-jalan aja yok!"
"He e, bener-bener, aku juga males ni"

Dan akhirnya, kita berdua maen sampe jam 6, sama kayak waktu harusnya aku pulang GO + kehujanan san. Wkwkwk...

Selasa, 1 Februari 2011
Hoh! Aku ketiduran dari semalem, belum ngerjain PR Jawa, belum ngapalin shalat jenazah, belum siapin baju buat foto katalog, belum cari gambar lego, belum setrika baju OSIS, nyawa belum full lagi. Dan sudah jam 6!!!!!

..............
Hula.hula.hula.

Aku diem bentar di atas tempat tidur, shock, harus ngapain nih.
Dah bingung, mending aku gak masuk sekalian aja. Ntar baru dateng foto katalog. Lagian masih males sekolah juga.

Akhirnya aku bilang ke ibuku,
"Mah, Lita gak masuk sekolah ya?"
"Loh, kenapa?"
"Males. Lita mau libur."
.......................
wah ni Mama kayaknya gak ngebolehin ni
"Ya udah, sini Mama bikinin surat ijin. Gak papa lah sekali-kali, masak di rapot absenmu nol terus."
Yeyeye...:)
dan akhirnya aku tidak masuk dengan keterangan "Sakit"

Di rumah seharian, tidur, nonton film, maen games sampe puas. Tapi yah, ujung-ujungnya ngerjain tugas juga sih. Sorenya, aku bolos GO dan MBC lagi :P
Terus foto katalog, mpe malem. Heboh tapi hepi.

Haha, saya merasa sudah cukup pulih.

Rabu, 2 Februari 2011.
Dan akhirnya, saya sudah 100% lagi :)

Libur bener-bener ajaib.

Dasar Aneh :(

Senin, 31 Januari 2011

| | | 0 komentar
Aku merasa tak normal

Saat seharusnya belajar sekuat mungkin,
Aku justru mulai capek
Saat seharusnya berambisi penuh,
Aku justru jenuh
Saat semua pikir kelas 12 adalah klimaks,
Bagiku, seperti antiklimaks

Aku bingung,
Sekarang rasanya aku banyak membiarkan kesempatan lewat
Tak lagi ambisi jadi yang pertama dalam setiap tugas
Lebih sering lupa malah
Tiap tugas baru lagi, adanya cuma bingung, harus gimana
Rasanya saja berbeda, melihat nilai 7 atau 8 dulu dan sekarang

Aneh.
Kenapa ya?
Rasanya aku capek dan bosan berjuang.
Padahal hampir final

Aku lelah

3 Tahun

Senin, 17 Januari 2011

| | | 1 komentar
3 tahun
2 kursi
1 meja
bangkuku,

curahan hajat dan segala cerita jam pelajaran
tempat semua dibagi dan pantas untuk ditertawakan
atau dicela habis-habisan
tempat mimpi konyol tak masuk akal bebas diutarakan
tempat coretan diabadikan
tempat keinginan mendengar dan didengar dipertemukan

(hampir)3 tahun

terima kasih untuk yang menemaniku di bangkuku selama ini

Makasih, Riska :)

Dunia yang Kukenal

Kamis, 13 Januari 2011

| | | 0 komentar
Dunia yang kukenal:
senang-susah-tawa-duka
aku dan kamu
Hanya senang?
Ya, aku tentu mengenalinya
Hanya susah?
Aku masih bisa menerimanya
Hanya kau?
Atau parahnya, hanya aku-tanpa kau?
Aku tak mau lagi mengenal dunia