KAMABA UI 2011

Kamis, 01 September 2011

| | |

Jadi murid baru, di SMP-SMA-(bahkan)Kuliah, identik dengan OSPEK. Heboh kucir banyak, nametag aneh, tas karung, bawaan ribet, urusan sama kakak senior, yah sekitar itulah. Sebenarnya, selama ini aku belum pernah berurusan langsung dengan itu semua. Sering lihat, sebatas itu. SMP dan SMA ku untungnya baik hati sekali. Paling-paling acara penyambutan yang disebut MOS (Masa Orientasi Siswa) hanya diisi ceramah guru dan promosi ekstrakurikuler. Muterin sekolah, duduk, memperhatikan. Tiba-tiba saja seminggu lewat dan jadilah kita berganti seragam lalu sekolah. Lalalala....

Tapi......masuk kuliah beda.

Di UI, ada "serangkaian" acara penyambutan mahasiswa baru yang disebut KAMABA-Kegiatan Mahasiswa Baru. KAMABA ini super penting sifatnya bagi semua mahasiswa baru. Gak boleh lupa, gak boleh telat, dan gak boleh terlewatkan. Kenapa?

Karena ini menyangkut hidup maba itu sendiri di UI.

Ini serius, bukan sekedar melebih-lebihkan.
Jadi, walaupun udah daftar ulang, kita sebagai maba baru dapet KTM dan akun UI. Jakun (Jaket Kuning) yang jadi kebanggaan itu belum boleh dipake. (Ya iyalah, dikasi juga enggak).
Untuk mendapatkan jakun kebanggaan itu, maba harus mengikuti seluruh rangkaian kamaba. Absen lebih dari 25% akan berakibat pada tidak diberikannya jakun dan di black list dari segala organisasi, kegiatan kemahasiswaan, kepanitiaan, dan keikutsertaan dari kompetisi. Ini bukan sekadar ancaman. Semuanya diatur dalam SK Rektor dan salinannya dibagikan ke semua maba di hari pertama kamaba. Serem amat kan.

He, tapi sebenarnya gak semengerikan itu sih. Acaranya hepi juga.
Rangkaian kamaba ini terdiri dari CBT(Character Building Training), latihan paduan suara, PSAU (Perkenalan Sistem Akademik Universitas), PSAF (Perkenalan Sistem Akademik Fakultas), dan OBM(Orientasi Belajar Mahasiswa). Terlihat sedikit? hohoho...

Yah, biar lebih detail q posting sendiri-sendiri aja ;)

0 komentar:

Posting Komentar