OKK(Orientasi Kehidupan Kampus)

Rabu, 14 September 2011

| | |
Ini kalo secara umum, istilahnya Ospek tingkat Universitas. Jadi, nama dari UI nya kan PSAU (Pengenalan Sistem Akademik Universitas), nama kerennya OKK. Acara ini berlangsung tanggal 12-13 Agustus 2011 untuk maba reguler dan 18-19 Agustus 2011 untuk maba non-reg. Seragamnya adalah putih-putih.

Tema OKK tahun ini adalah PEDULI INDONESIA-Totalitas Pengabdian.
Karena itu, kuliah umum, tugas, dan orasinya fokus untuk membangkitkan jiwa nasionalisme para mahasiswa baru untuk lebih berbakti pada negaranya, bukan hanya orientasi pada diri sendiri.
Badge OKK UI 2011

Sebelum pelaksanaan acara itu, tugasnya sudah diberikan melalui web. Ada tugas individu, ada tugas kelompok. Tugas individu semacam buat name tag, bikin poster 100 mimpi, bawa buku untuk disumbangkan, menulis surat cinta untuk Indonesia, isi kuesioner, dan ngapalin lagu yang ada di webnya.

Untuk tugas kelompok beda sesuai jalur masuk, jalur undangan bikin essay; jalur tulis dan simak bikin komik. Tetapi, keduanya harus sesuai tema yang ditentukan. Bikin kelompoknya juga harus aktif cari sendiri, lewat fb dan twitter dan gak boleh berasal dari fakultas yang sama.

Yang didapatkan: Belajar update dan gaul



Name tag dan Komik kelompok (Jadi pemain loh :P)


Nah inilah hari H nya.
MABA DILARANG NAIK/MEMBAWA KENDARAAN!


Kakak tingkat sudah standby dimana-mana dari subuh untuk memastikan para maba jalan (baca:lari) dan diputar-putarkan. Walaupun ada jalan pintas, harus ikut jalan kakaknya.
Bawa air 1,5 liter untuk wudu, tas ransel, menahan rok kebesaran, dan puasa; itu jauh, Tuhan....

Langsung aja, acara hari pertama kebanyakan seminar. Ngantuk. Semaleman garap tugas atribut ospek fakultas, sekarang dihadepin begini, akhirnya biar gak berdosa juga, aku tinggal garap essay aja. Gak ngeh apa yang di depan, he....

Hari kedua nih, KEREN....:D
Pagi ya begitulah tak perlu diceritakan. Tambah jauh dikit sih. Okelah.
Hari ini adalah pengumpulan tugas poster 100 mimpi. Bukan dikumpulin sih, cuma dicap aja. Habis itu suruh ditempel di kamar masing-masing.

"Percayalah. Saya akan mewujudkannya"

Nah, hari ini BEDA. Mungkin melihat antusiasme yang kurang di hari pertama. Hari kedua ini berisi dinamika angkatan. Setelah dipanas-panasin, kita angkatan 2011 ditantang kakaknya untuk membuat huruf OKK dari seluruh maba. Tantangannya tak sampai situ. Kakak tingkat akan turun ke bawah dan berusaha mengambil salah satu dari kami. Jadi, bertahan agar tetap utuh sekaligus membentuk huruf besar ini. Keren, berasa kayak demo.

Suasana OKK

Udah jadi rapi nih, tiba-tiba kakak tingkat ada yang mengambil salah satu maba cowok dari ujung huruf K. Langsung huruf K nya bubar untuk mengambil yang diambil tadi. Sementara maba ceweknya nyorakin, "2011!2011!2011!2011!2011!"
and finally, kita berhasil dan kakak kelas nepuk tanganin kita semua. Langsung terbuka deh spanduk dari atas dan bertebaran balon warna-warni. Waa :)



Acara tak selesai sampai disitu. Selanjutnya diisi berbagai orasi oleh kakak tingkat yang bener-bener dalem. Ntar aku kupas lagi di postingan selanjutnya.
Big applause for all of OKK staff.
Makasih, Kak. Welcoming sekali. :)

0 komentar:

Posting Komentar