OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa)

Jumat, 16 September 2011

| | |
Yak. Selesai tanggal 16 itu rasanya......indah banget bangun pagi
Tak ada tugas lagi (ada sih yang dibawa liburan), gak lari-lari, gak seharian pake name tag jumbo, gak nulis berfolio-folio lagi, haah, tinggal seminggu pulang.
Bangun pagiku udah dengan senyum lebaaar sekali.

Jadwal selanjutnya, tanggal 18-24 September 2011, adalah OBM.
Yak sesuai namanya, disini kita mahasiswa baru diajarin cara belajar ala UI. Ini WAJIB diikuti karena masuk di MPKT.

Sebelumnya, kita seluruh mahasiswa baru dibagi jadi kelompok-kelompok. Yang mbagi pihak universitas, dan campur jurusan. Aku dapet kelompok G1-B, dan temen kelompokku justru kebanyakan dari FK/FKG. Sekelompok ini akan terus bersama selama 6 hari itu. Ada 3 pelajaran berarti ada 4 ruangan. Tiap ruangan ada di fakultas yang berbeda.
Jadi LS aku ada di FISIP, CL-PBL ada di FH, IT-CML di perpus lama. Tujuannya biar kenal kampus.

Ada 3 pelajaran di OBM ini:
1. LS (Learning Skiil)
Pelajaran ini semacam ngenalin bagaimana MAHASISWA itu seharusnya bergaul dan belajar. Perbedaan SMA dan kuliah, berpikir secara kritis, kerja sama tim, sudut pandang menilai orang lain, dan lainnya. LS ini yang paling enak. Kita diajarin lewat games, jadi kayak training kepribadian. Yang ngajar juga mahasiswa S2 Fakultas Psikologi UI, jadi masih nyambung. Apalagi mbaknya (yang ngajar) cantik, semangat deh.

2. CL (Collaborative Learning) dan PBL (Problem Based Learning)
Em, ini sebenernya yang paling ngebosenin. Tapi justru ini yang kepake ntar. Yah, CL dan PBL itu sistem pembelajaran di UI. Jadi kita semacam simulasi. Diskusi kelompok, isi borang, tuker kelompok, isi borang, kumpulin makalah, presentasi, isi borang. Borang is boring.
Borang ini buat penilaian MPKT. Jadi nilai kita tergantung banget sama temen-temen lain. Padahal MPKT ini 6 sks sendiri. -.-
3. IT (Information Technology) dan CML (Computer Literate)
Ini enak juga. Kalo di IT, kita diajarin cara belajar dengan sistem informasi online UI. JUITA, email UI, isi IRS, Kuliah online, jurnal ilmiah, kemahasiswaan, blog, dan pengurusan lain melalui online. Di UI banyak banget yang terkomputerisasi.
Jadwal harus cepet-cepetan daftar online, pembelajaran ada yang online, diskusi, keaktifan diskusi maya juga dinilai. Aaa.

Kalo CML isinya tentang gimana kita mencari literatur dalam penulisan artikel ilmiah. Seperti gak boleh wikipedia, gak boleh .com, .blogspot.com, wordpress, etc.Intinya harus bener-bener cari yang terjamin kebenarannya. Enak juga soalnya diajak muter-muter perpus UI, sama diajarin cari buku dan informasi itu lewat internet.

Kelompok OBM ku enak lah. Gak ada yang sok ato terlalu gimana. Malah seru, tuker-tukeran belajar bahasa daerah. Alhamdulillah yah :)





Kelompok G1-B

0 komentar:

Posting Komentar